Taubat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Sahabat Indonesyam..

Setiap manusia tidak ada yang terlepas dari dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Setinggi apapun jabatannya, sebanyak apapun ilmunya pasti pernah berbuat dosa. Namun, sebaik-baik orang yang berdosa adalah orang yang menyesali dosanya dan kemudian bertaubat.

“Semua anak adam pasti bersalah (berbuat salah), akan tetapi sebaik-baik orang yang berbuat salah (dan berdosa) adalah yang (menaikkan kembali imannya dengan) bertaubat.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, Darimi)

Pada hakikatnya taubat adalah fase-fase persinggahan iman. Setiap manusia selalu membutuhkannya dalam menjalani setiap tahapan kehidupan.

Orang-orang yang bahagia adalah yang menjadikan taubat sebagai sahabat dekat dalam perjalanannya menuju Allah dan negeri akhirat. Sedangkan orang yang binasa adalah yang menelantarkan dan mencampakkan taubat di belakang punggungnya.

Dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Abbas disebutkan bahwa Allah menyenangi orang – orang yang bertaubat.

“Allah lebih senang kepada orang yang bertaubat dari pada orang yang haus menemukan air, orang yang mandul lalu punya anak, dan orang yang tersesat lalu menemukan jalan. Dan barangsiapa bertaubat kepada Allah dengan taubat yang baik, maka Allah membuat lupa dua malaikat yang mengawasi amal tersebut, seluruh anggota badannya, dan tempat dalam tanah (kubur) terhadap kesalahan-kesalahan orang yang bertaubat dan dosa-dosanya.” (HR. Ibnu Abbas)

Oleh karena itu, Bertaubatlah selagi pintu taubat masih terbuka lebar. Tundukkan hati dan dirimu serta bersungguh-sungguhlah dalam mendekat kepadaNya. Buka kembali lembaran baru dan mintalah taufik serta pertolongan Allah.

Jika suatu saat nanti terjerumus lagi dalam kemaksiatan, maka jangan malu untuk memperbaharui taubatmu kembali. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Pengampun.

“Karena sesungguhnya Dia Maha mengampuni kesalahan hamba-hamba yang benar-benar bertaubat kepadaNya.” (QS. Al Israa’: 25)

#SEMOGABERMANFAAT
#INDONESYAM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainya

Ada Hikmah Di Balik Ujian

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..Sahabat Indonesyam Terkadang kita sering berpikir bahwa di saat Allah mendatangkan ujian atau musibah, itu artinya Allah sedang marah atau murka dengan kita.

Orang Mukmin Kuat dengan Do’a

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..Sahabat Indonesyam.. Seorang mukmin selalu menyandarkan urusan dan kebutuhannya kepada Allah. Ia memahami bahwa segala sesuatu berada di bawah kuasaNya. Sehingga muncul rasa

Laporan Penyerahan Bantuan untuk Kalimantan Selatan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Hari ini (23/01/2021) merupakan hari pertama tim IndoneSyam bersama tim sekolah relawan dan tangan-tangan relawan turun langsung membantu saudara-saudara yang terkena bencana

Tentang Takdir

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..Sahabat Indonesyam.. Semua yang terjadi di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Setiap perkara sudah menjadi ketetapan atau takdir dari Allah dan orang-orang

Ada Hikmah Di Balik Ujian

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..Sahabat Indonesyam Terkadang kita sering berpikir bahwa di saat Allah mendatangkan ujian

Selengkapnya

Taubat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..Sahabat Indonesyam.. Setiap manusia tidak ada yang terlepas dari dosa, baik dosa

Selengkapnya